Perbedaan
karakteristik pasar industri dengan pasar konsumen dan sifat permintaannya :
Istilah pemasaran dapat diartikan dalam berbagai konteksa sesuai dengan pemgembangan
strategi yang dilakukan perusahaan. Istilah pemasaran yang diterima secara luas
dan dikenal sebagai konsep pemasaran adalah pemasaran yang didasarkan pada
pengenalan kebutuhan konsumen. Dalam konsep ini pemasaran dapat diartikan
sebagai semua kegiatan yang di arahkan untuk mengenali dan memenuhi memuaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen.
Pemasaran industri dikenal juga dengan
pemasaran industrial. Pemasaran industri berbeda dengan pemasaran produk
konsumsi terutama dalam hal penggunanan produk dan konsumen yang dituju, dimana
pemasaran industri mengarahkan produknya pada perusahaan yang akan menjual
kembali produk tersebut, perusahaan yang membeli produk tersebut untuk membantu
proses produksinya, dan lembaga atau organisasi yang membeli produk untuk
membantu kegiatan operasionalnya.
Dari penjelasan ini pemasaran industri
adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan
pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang
dan jasa industri.
Perbedaan Pemasaran Industri dengan
Pemasaran Konsumen
Perbedaan pemasaran industri dengan
pemasaran kinsumen dapat diliahat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya
seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan
antara penjual dan pembeli produk.
Pasar industri adalah semua organisasi
yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain
yang akan di jual, diseakan atau di pasok keperusahaan lain, sedangkan pasar
konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud
adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang
atau jasa untuk pemakaian pribadi. Dari perbedaan tersebut maka dapat di
jelaskan karakteristiknya sebagai berikut :
· Karakteristik pemasaran,
meliputi nilai penjualan kualitas pembelian dan jumlah pembelian.Total nilai
penjualan dan kualitas pembelian pada pasar industri jaul lebih besar dari
total penjualan pasar konsumen.
· Karakteristik pasar,
pemasaran industri berbeda dengan pemasaran konsumen, terutama karena pasar
pembeli indusri terkonsentrasi secara geografis dan biasanya menglompok dalam
suatu wilayah. Konsumen pembeli indusrti seperti ini merupakan perusahaan
industri yang mempunyai modal besar dan melakukan pembelian/prmesanan produk
tersebut tergantung dari jumlah pembelian produk akhirnya.
· Karakteristik hubungan
antara produsen industri dan konsumen industri terlihat adanya hubungan
yang dekat antara pemjual dan pembeli pada pasar industri karena jumlah pembeli
yang lebih sedikit.
Peranan Pemasaran Industri
Pemasaran industri sangat
penting peranannya didalam organisasi perusahaan industri, peranannya saangat
jelas kelihatan di dalam negara yang sedang menuju struktur perekonomian
industri dan yang sudah menjadi negara industri, kenaikan kegiatan pemakaian
peralatan industri membuat perubahan dalam strategi perusahaan dalam memasarkan
produknya.
Pasar dan lingkungan Industri
Mempelajari peluang pasar dapat
dilakukan berdasarkan beberapa sudut pandang yaitu
· Konsumen
· Lingkungan pasar
· Sumber daya yang
dimiliki perusahaan
Pasar Industri
Pasar industri adalah pasar dimana
konsumen membeli siatu produk industri bukan untuk kepentingan indivudu
melainkan untuk kepentingan badan usaha atau organisasi. Konsumen indusrti
terdiri atas badan usaha perorangan , perusahan, lembaga atau organisasi yang
membeli produk industi dengan tujuan memproduksi produk lainnya.
Lingkungan Pemasaran Industri
Lingkungan yang tidak dapat dikendalikan
atau diatur oleh manajeman perusahaan merupakan lingkungan eksternal perusahaan
seperti faktor ekonomi, kebijakan pemerintah, kebudayaan, sosial, persainagn,
dan teknologi. Hampir sama dengan pengelompokan lingkungan diatas, membagi
lingkungan menjadi tiga kelompok yaitu :
· Lingkungan fisik dan
ekologi yaitu bagaimana perusahaan dapat menjaga lingkungan industi dengan cara
tidak merusak lingkungan dengan bahan berbahaya dari limbah industi tersebut.
· Lingkungan internal
yaitu mengindentifikasi secara priodik kekuatan dan kelemahan perusahaan.
· Lingkungan eksternal
yaitu mengidentifikasi peluang dan ancaman bagi perusahaan. Lingkungan
eksternal yang akan dianalisis akan dibagi menjadi dua bagian yaitu Lingkungan
mikro dan lingkungan makro
Proses Pembelian Industri
Situasi pembelian tercipta saat beberapa
anggota organisasi menangkap bahwa ada sebuah masalah yang dapat dipecahkan
dengan menbeli sebuah produk atau jasa. Apa bila konsumen ingin membeli suatu
produk industri maka pembelian itu tidak bisa mendadak langsung terjadi karena
ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu.
Perencanaan Strategis Industri
Perencanaan strategis adalah kegiatan
manajeman yang mengembangkan hubungan perusahaan dengan lingkungannnya. Yaitu
mengatur sedemikian rupa agar dapat bertahan dan sukses menghadapi persaingan
dan perubahan lingakungan serta memutuskan usaha mana yang akan dibangun,
dipertahankan atau dihapus dari pasar.
Perencanaan strategis selalu
memperhatikan infirmasi baik dari dalam maupu luar lingkungan perusahaaan, yang
dimanfaatkan untuk menyusun rencana stategis perusahaan yang memuat tahapan
yang harus dilakukan untuk memaksimalkan peluang keberhasilan perusahaan.
Rencana strategis memuat semua rencana strategi dibidang pemasaran.
Di banyak perusahanan besar dan
perusahaan multiproduk strategi dikembangkan pada tiga tingkatan yaitu strategi
tingkat koprasi strategi tingkat bisnis dan stratrgi tingkat fungsional.
Strategi untuk pasar industri yaitu
perusahaan besar dapat menerapkan strategi pemasaran tertentu yang jelas tidak
bisa dilakukan orang perusahaan kecil seperti pasar konsumen.
Perumusan kebijakan perusahaan
merupakantitik awal dalam proses pengembangan perencanaan strategi, manajemen
mendefinisiksn dan menetapkan kebijakan perusahaan yang terdiri dari visi,
misi, tujuan, dan sasaran perusahaan.
Daya Saing Pemasaran Industri
Daya saing negara
bergantung dari kapasitas industri negara tersebut untuk terus berinovasi dan
berkembang. Oleh karena itu, meskipun diyakini memberi banyak manfaat, sebagian
orang berpandangan skeptis tentang manfaat yang didapatkan melalui perdagangan,
khususnya perdagangan internasional. Perdagangan internasional juga membuat
khawatir produsen dalam negeri atas keberadaan pasar dari barang yang
diproduksinya, oleh karena itu sejak zaman klasik sampai sekarang masih saja
ada kesangsian, tidakkah lebih baik kalau penduduk dari negara tertentu membeli
produk yang dihasilkan negaranya sendiri karena akan menciptakan lapangan
kerja.
Ruang
Lingkup Pemasaran Industri
Formulasi
strategi dan perencanaan pemasaran industri dimulai dengan suatu analisis
terhadap lingkungan yang selalu berubah, baik mako maupun mikro.
Sistem
klasifisikasi barang/jasa akan memberikan gambaran bagaimana perencanaan dan
strategi pemasaran berbeda menurut kategori barang/jasa.
Manajemen pemasaran industri berfungsi untuk
menganalisis, merencanakan, melaksanakan, pengendalian diri, dari setiap
prodram yang telah direncanakan untuk menciptakan hubungan baik yang saling menguntungkan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar